Senin, 24 Januari 2011

dua orang perempuan dan anaknya

PART 1

Yesterday, aku menghabiskan hari minggu aku sendiri..aku menghabiskan hari minggu aku di kantor pos.. kenapa dikantor pos hari minggu? yaa, jawabannya cuma 1, browsing gga jelas ! *miris -SKIP-
Setelah kira- kira 4jam browsing, aku melanjutkan perjalanan..mulai dari mengitari jam gadang, sampai ke kampung cino dan muter- muter kek turis yang sering aku lihat buat berwisata, xixi..
Selanjutnya, karena laper, aku langsung melesat ke KFC, cukup dengan hanya menikmati chicken fillet dan mocca float, aku duduk sendirian *miris -SKIP-

Disaat jalan pengen pulang, tepatnya diangkot, aku diajak ngobrol dengan seorang ibu- ibu.. aku gga kenal, tapi aku tetap menghargai dia saat dia bercerita anaknya.. ibu itu bercerita sambil menatap keluar kaca angkot dan memperhatikan seorang anak laki- laki kira- kira berusia 21th , memakai celana dasar berwarna hitam dengan kemeja putih, sambil mengatur beberapa motor disebuah swalayan dikota bukittinggi ini..
Ibu tsb tiba- tiba berkata " Ibu senang melihat anak Ibu bisa bekerja walaupun hanya menjadi seorang tukang parkir, ibu bangga dengan anak Ibu, karena mereka bisa berfikir dewasa setelah mereka tamat SMA, mereka gga mau nyusahin ibu katanya " (percakapan dalam bahasa minang) aku yang saat itu juga ngelihat anak ibu itu dan kemudian beralih pandang sambil menatap Ibu tadi, aku jadi kangen mama, hiks.. " Ibu tadi beli susu sama roti buat anak- anak ibu, ibu pengen saat anak ibu pulang kerja, mereka bisa langsung makan" ibu tadi masih memandang anaknya dari dalam angkot.. pikiran aku saat itu langsung melayang- layang, aku ingat mama papa :(

PART 2

Saat jam istirahat kuliah, aku masih menyempatkan waktu untuk kabur dari kampus karena tugas neonatus belum aku print dan bahan buat presentasi belum aku photocopy sama sekali..disaat sedang menunggu photocopy, seorang perempuan tua, dengan memakai daster batik, kira- kira berumur 60-an juga sedang menunggu copy-an selembar kertas yang berisikan IP seorang mahasiswa dan satu foto berukuran 4R, difoto itu terlihat seorang anak perempuan berjilbab, memakai baju putih dan celana dasar putih sambil tersenyum :) manis, seumuran denganku..ibu yang dari tadi menatapku, ternyata menyadari klo aku memperhatikannya.. ibu tersebut langsung menatap aku dan berkata " ini foto anak perempuan ibu nak", aku hanya menganggukkan kepala, kemudian ibu tersebut melanjutkan kata- katanya " anak ibu kuliah keperawatan, sekarang udah semester 5 nak.. tapi sekarang anak ibu sedang praktek di Rumah sakit dipadang nak..ini ibuk lagi photocopy nilai anak ibu nak.. ibu minta bantuan biaya semester ama oom nya, alhamdulillah nilai anak ibu bagus nak, mudah- mudahan oom nya bisa bantuin yaa nak, maklumlah nak, sekolah kesehatan itu biayanya nggak sedikit, belum lagi uang praktek dan segala macamnya, tapi ibuk tetap pengen anak ibuk tercapai cita- citanya nak " ibu itu melanjutkan kata- katanya sambil menatapku dan aku ngelihat matanya berkaca- kaca.. hiks, tiba- tiba aja air mata ku keluar mendengar sedikit cerita ibu itu.. segitu susahkah hidup zaman sekarang? segitu susahkah seorang ibu memperjuangkan nasib anaknya untuk melanjutkan sekolahnya sampai harus meminta kepada saudaranya? hiks :'( aku bnr- bnr ga tahan dengan cerita ibu tadi..

*2hari ini, banyak pelajaran yang dapat aku ambil dari dua orang perempuan yang aku temui tanpa sengaja, banyak hal yang bisa aku petik..seharusnya aku bersyukur dengan semua yang aku punya saat ini, seharusnya aku bersyukur dengan semua yang aku nikmati saat ini, diluar sana masih banyak anak- anak seumuran aku yang juga pengen kuliah, namun karena mereka belum beruntung mereka harus mengurungkan niat mereka untuk kuliah, hiks :'( tapi sabarlah kawan, tuhan itu tidak tidur, aku yakin suatu saat nanti kawan juga akan sekolah dan punya masa depan cerah, semuanya hanya masalah waktu :)

*terima kasih Tuhan untuk dua orang perempuan yang engkau hadirkan dalam 2hari ini, walaupun mereka hanya bercerita singkat, tapi itu sudah cukup membuat aku sadar dan seharusnya aku bisa bersyukur dengan semua yang aku punya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar